Apa Fungsi WhatsApp Business?

Salah satu versi terbaru yang dimiliki oleh WhatsApp yang digandrungi oleh para pelaku bisnis online adalah WhatsApp Business. Apa fungsi WhatsApp Business? Bagi anda yang ingin mengetahuinya, mari baca uraian penjelasannya di bawah ini.

WhatsApp Business merupakan aplikasi dari WhatsApp yang dibuat khusus dengan mempertimbangkan pemilik bisnis kecil. Aplikasi ini dapat diunduh gratis melalui Android dan iPhone. Lalu, jika ditanya apa fungsi WhatsApp Business, yaitu untuk membuat interaksi anda (para penggunanya) dengan pelanggan menjadi lebih mudah. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur untuk mengautomasi, menyortir, dan membalas pesan dengan cepat yang juga didesain sama dengan WhatsApp Messenger. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan semua yang anda biasanya lakukan, mulai dari perpesanan hingga mengirim foto maupun video.

Untuk cara penggunaannya tidak ada bedanya dengan penggunaan WhatsApp Messenger biasanya, meski ada beberapa fiturnya yang berbeda. Beberapa fiturnya diantaranya, yaitu:
• Profil bisnis: untuk menyediakan daftar informasi penting, misalnya seperti alamat, email, dan situs web perusahaan (website online shop).
• Statistik: untuk melihat berapa banyak pesan yang dikirim, disampaikan, dan dibaca oleh pelanggan.
• Fitur perpesanan: untuk memberi respons ke pelanggan dengan cepat.
• Fitur away message: untuk membantu pelaku bisnis tetap terhubung ke konsumen ketika mereka tidak sedang di tempat atau ketika layanan sedang tutup. Fitur ini akan memberikan jawaban secara otomatis ketika seorang pelanggan mengirimkan pesan.
• Fitur greeting message: untuk membantu pengelola bisnis menjalin komunikasi yang lebih baik dengan konsumen. Fitur ini akan terkirim secara otomatis ke pelanggan yang menghubungi anda setelah lebih dari 14 hari tanpa komunikasi.
• Fitur pesan broadcast: untuk menawarkan produk baru, harga promo, program paket dan lain sebagainya yang dapat berguna untuk memaksimalkan atau mendorong angka penjualan.

Cara penggunaannya, setelah berhasil mengunduh dan menginstall aplikasi ini, pertama anda harus mendaftarkan akun WhatsApp Business. Seperti halnya versi personal, aplikasi WhatsApp Business ini juga membutuhkan nomor ponsel yang aktif. Bedanya, WhatsApp Business tidak bisa menggunakan nomor yang sudah pernah atau sedang digunakan di WhatsApp standar. Jadi, jika anda ingin menggunakan nomor yang sama, anda harus memilih salah satu, apakah tetap berada di versi standar atau beralih aplikasi whatsApp-nya ke versi bisnis.

Setelah mengirimkan kode verifikasi, tahap selanjutnya, isi nama bisnis anda, pastikan semuanya terisi dengan benar, karena nama ini tidak akan bisa diubah di kemudian hari. Sesudah akun WhatsApp Business anda berhasil dibuat, anda bisa langsung menggunakannya untuk berinteraksi dengan konsumen. Sedangkan, untuk mengubah profil bisnis, misalnya seperti alamat, kategori bisnis, jam buka dan alamat web bisa diubah dan ditambahkan dengan mengakses menu Settings – Business Settings. Jika semua datanya sudah terisi dengan benar, tap tombol save di kanan atas untuk menyimpan perubahan.

Itulah apa fungsi WhatsApp Business yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *